SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI
11 SEMARANG
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.1
Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
|
Percakapan
singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
1.A : Let me help you.
B : Thank you so much.
2.A: Can I have a bit?
B:
Sure. Here you are.
3.A: Did
you break the glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
4.A: What
do you think of this?
B:
Not bad.
TataBahasa
- Auxiliary
verb:
can, may, must,should
- Simple
Past
Kosa Kata
- Kata
Terkait jenis teks
dan tema
|
1.
Brainstorming bertanya
dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2.
Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase,
adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa,
meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait materi percakapan .
3.
Mendengarkan percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.
Memberi respon lisan dan tulis terhadap
ungkapan yang didengar.
|
1.
Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.
Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
3.
Mengakui, mengingkari fakta
4.
Merespon ungkapan meminta dan
memberi pendapat
|
3.
Toleransi
8. demokratis
13. bersahabat / komunikatif
2.
Jujur
8. demokratis
8. demokratis
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
|
Merespon
secara lisan
Pertanyaan
lisan
Pilihan
ganda
|
Respond the following statement
A: Let me help you
B: ....
A: Can I have a bit?
B: ...........
Choose the right response
A: Did you
break the glass?
B:.......
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Give your response
A: What do
you think of my new dress
B:............
|
2 x 40
menit
|
1. Script percakap -
an
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD
Player
- TV
3. Gambar-
gambar/
benda
terkait
1
|
|||
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan
menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Ungkapan
Baku
-It’s a
very kind of you
Percakapan
singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
1.A: Would you come to
my party?
B:
I’d love to / I want
to, but ........
2.A; I do agree
B;
Thanks for the
support.
3. A; No way ....
B: It’s O.K. No
problem
4. A: You have beautiful
hair.
B:
Thank you.
5.A: Happy birthday.
B:
Thank you.
Tata Bahasa
- Would
you.....
- I’d love
to
Kosa kata
- Kata
terkait tema dan
jenis teks
Ungkapan
Baku
- I’d Love
to
- No Way
- It’s ok
|
1.
Memberi respons lisan Curah pendapat
tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
2.
Membahas kosakata dan tata bahasa terkait
topik / ungkapan yang dibahas
3.
Mendengarkan percakapan memuat ungkapan
terkait marteri
4.
Tanya jawab tentang isi percakapan
5.
Tanya jawab tentang fungsi dan makna
ungkapan dalam percakapan
|
1.
Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak
ajakan
2.
Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui
3.
Merespon ungkapan memuji
4.
Merespon ungkapan memberi selamat
|
3.
Toleransi
8. demokratis
13. bersahabat / komunikatif
2.
Jujur
8. demokratis
8. demokratis
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes lisan
|
Pertanyaan
lisan
Isian
Jawaban
singkat
|
Write your response to the following
statements:
1.A: Would
you go with me to the movie ?
B:
...
2.A: I do
agree with you to join the speech contest.
B:
...
3.A: You
have a beautiful hair
B:
...
4.A:
Congratulation ! you passed your exams
B :
...
|
2 x 40
menit
|
2 Script
percakapan
3 Rekaman
percakapan
4 Tape
recorder
5 Gambar yang
relevan
Buku teks
yang relevan
|
|||
SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI
11 SEMARANG
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
3. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk descriptive dan
recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
Teks fungsioanl pendek berupa :
1.Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come
to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
2. Short
Messages
Contoh :
-Dear Intan,
Meet me after school
Aya
3. Kosa Kata
- Kata
Terkait tema
dan jenis
teks
4. Tata bahasa
- To
Invinitive
- What...
for?
5. Ungkapan Baku :
-
Please.......!
|
1. Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
2. Membahas
kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
3. membahas ungkapan-ungkapan
yang sering muncul dalam undangan:
- I want you to come to.......
- Please come to .....
- Don’t forget to come to......
4. Mendengarkan
teks fungsional pendek (undangan)
5. menjawab pertanyaan
tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
6. Mendengarkan
contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
7. Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
-
invitee
-
occasion
-
time
-
place
- Invitor
|
1. Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa
undangan.
222. Mengidentifi-kasi ciri
kebahasaan dalam
teks
fungsional
pendek
berupa
Undangan.
|
13. Bersahabat
/ komunikatif
7. Mandiri
5.
Kerja
keras
|
Tes tertulis
|
Melengkapi
rumpang
Menjawab singkat
|
1. Complete the
following
sentences based
on the text you
hear
2. Listen to the text and give short answer
|
2 x 40 menit
|
1. Script teks undangan
2. Rekaman
undangan
- cassette
- tape
recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks
|
2.2
Merespon makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
1. Teks lisan berbentuk
·
descriptive
· recount
2.Langkah retorika teks :
·
descriptive (identification – descriptions)
· recount (
orientation events – reorientation)
3.Ciri-ciri kebahasaan teks
descriptive dan recount.
4. Tata Bahasa
· Past continuous
· Conjunctions
-
when......
-
while ......
5. Kosakata terkait tema
dg jenis teks
|
1
Eliciting kosakata terkait
tema/topik/ jenis teks
2
Membahas tata bahasa terkait jenis teks
yang akan dibahas
3
Mendengarkan teks monolog descriptive
/ recount dengan topik tertentu
4
Menjawab pertanyaan tentang berbagai
informasi terkait teks yang didengar
5
Menjawab pertanyaan tentang tujuan
komunikatif teks yang didengar
|
1. Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
2. Mengidentifikasi tujuan
komunikatif dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.
|
7. Mandiri
5. Kerja keras
6. Kreatif
9. Rasa ingin tahu
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Pertanyaan lisan
PG
|
Answer the
questions orally based on the text you listen to
Choose the best
option based on the text you have listened into
|
8 x 40
menit
|
1 Buku teks
yang relevan
2 Gambar
terkait tema / topik
3
Script teks: descriptive
/ recount
4 Rekaman
teks
5 Tape
recorder
6 OHP
7 Lingkungan
sekitar
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI 11
SEMARANG
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
5. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan
meminta dan memberi pendapat
|
1. Percakapan
singkatan
memuat
ungkapan –
ungkapan.
Contoh :
· A; Let me help you.
B: Thank you so much.
· A: Can I have a bit.
B:
Sure. Here you are.
· A: Did you break the
glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
· A: What do you think of this?
B: Not bad.
2. Tata Bahasa
- Yes/No
Questions
-
QW-Questions
3. Kosa kata
- Kata
terkait tema
dan jenis
teks
4. Ungkapan Baku
- Sorry
- I Think so
- I don’t
think so
|
1. Review kosakata
dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2. Tanya jawab
menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3. Bermain
peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4. Bermain
peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
5. Menggunakan
ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation
|
1. Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
2. Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
3. Bertanya
dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
4. Bertanya
dan menjawab memberi pendapat
|
8. Demokratis
13. Bersahabat /komunikatif
8. Demokratis
13. Bersahabat /komunikatif
9.Rasa ingin tahu
8. Demokratis
|
Unjuk kerja
|
Uji Petik Berbicara
Bermain peran
|
Create a dialogue
based on the role cards and perform it in front of the class.
|
4 x 40
menit
|
1. Buku teks
yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Realia
Benda sekitar
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Memahami dan merespon percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan
menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
1.Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.
·
A: Would
you come to
party?
B: I’d love to / I wan’t to, but .........
· A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
· A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
· A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
· A: Happy birthday.
B; Thank you.
2. Tata Bahasa
· Adjective Phrase
· Noun Phrase
3. Kosa Kata
·
Kata
terkait tema dan jenis teks
4. Intonations
|
1. Review
kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2. Memperkenalkan
kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
3. Tanya jawab
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
4. Menirukan
percakapan yang diucapkan guru
5. Melakukan
percakapan yang diberikan
6. Melakukan
tanya jawab menggunakan ungkapan
|
1. Bertanya
dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan
2. Bertanya
dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui
3. Bertanya
dan menjawab tentang memuji
4. Bertanya
dan menjawab tentang memberi selamat
|
9.Rasa ingin tahu
8. Demokratis
12. Menghargai prestasi
12. Menghargai prestasi
|
Unjuk kerja
|
Uji Petik
berbicara Bermain peran |
Create a dialogue
based on the role cards and perform it in front of the class.
|
4x40 menit
|
1 Buku teks
yang relevan
2 Gambar-gambar terkait tema
3 Realia
4 Role cards
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI
11 SEMARANG
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
Berbicara
9.
Mengungkap
kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1 .Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
1. Teks fungsional
pendek berupa
:
· Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to
my house for lunch on Sunday at 12
a.m.
Thanks.
Mona
·
Pesan Singkat,
Contoh :
Intan,
Meet me
after school.
Aya.
2. Tata Bahasa
- I want you to ....
- Don’t Forget to ....
3. Kosa kata
- Kata terkait tema dan jenis teks
4. Ungkapan Baku
- Ungkapan pembuka
- Dear.......
- Hi,.......
- Ungkapan penutup
- Yours
- Love
1. Teks pendek
berbentuk descriptive
dan recount.
2. –
informasi faktual
- informasi
rinci
- gagasan
utama
- gagasan
pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan teks
descriptive dan
recount
4. Langkah retorika teks descriptive dan recount.
5. Kosa kata
terkait tema dan jenis teks
6. Tata Bahasa
- Adverb phrase
- Conjunctions
- and
- but
- or etc
|
1. Mendengarkan
teks fungsional pendek: undangan
2. Tanya jawab
tentang isi teks “undangan”
3. Tanya jawab
tentang struktur teks
4. Membuat
kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to
come to....
- Please
come to ........
5. Berlatih
mengundang seseorang secara lisan
menggunakan gambit-gambit tertentu
Contoh:
A:
Hi Guys, I want you all to come
to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
6. Secara
berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan
konteks/situasi yang diberikan
7. Secara
mandiri mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya jawab berbagai
hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
2. Mengembangkan kosakata,
tata bahasa terkait topik / jenis teks descriptive dan recount
3. Mengidentifikasi
kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
4. Melakukan monolog dalam
bentuk descriptive dan recount
|
1. Mengungkapan
secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.
2. Bertanya
dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek
berbentuk undangan
1. Bertanya
dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :
- descriptive
- recount
2. Melakukan
monolog pendek dalam bentuk
-
descriptive
- recount
|
17. Peduli social
17. Peduli social
9. Rasa ingin tahu
7. Mandiri
|
Unjuk kerja
Tes lisan
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Tes lisan
|
Uji petik berbicra
Pertanyaan lisan
Uji petik berbicara, bertanya dan menjawab
Uji petik berbicara mendeskripsikan sesuatu
Uji petik berbicara, menceritakan kejadian
|
1. Invite your
friend
to come to your bithday party orally!
2. Ask and answer
orally based on
the invitation
card given.
Ask and answer based on the following situation
1.
Look at
this thing and describe it.
2.
Think of an
activity or event that happened to you yesterday and tell us about it.
|
2 x 40
menit
6 x 40 menit
|
Buku teks yang
relevan
1. Gambar terkait
tema/topik
2. Benda-benda
sekitar
1. Buku teks
yang relevan
2. Koran/majal-ah
3. Gambar
peristiwa
4. Benda-benda
sekitar
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI
11 SEMARANG
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
Membaca
5.
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan
recount pendek dan sederhana
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan
sekitar
1. Teks fungsional
pendek berupa - Undangan - pesan singkat 2. Tata Bahasa - Request 3. Kosa kata - kata terkait – tema dan jenis teks 4. UngkapanBaku - Don’t be late ! - Don’t miss it !
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
1. Teks fungsional pendek berupa:
· Undangan
Contoh :
Dandi,
Please come
to our meeting
Day : Saturday
Date:March 1st,2008
Time : 10.00
Place : Osis Reuni
Don’t be late !
Budy
Secretary
· Pesan Singkat
Lia,
I’m out for shopping
your meal is in
refrigerator
Mom
2. Teks esei berbentuk descriptif dan recount
1. Teks tulis berbentuk
descriptive dan
recount
· Makna gagasan
· Makna tekstual dalam
teks descriptive dan recount
2. Langkah retorika teks
descriptive dan
recount
3. Tujuan komunikatif teks descriptive
dan recount
4. Ciri kebahasaan teks descriptive
dan recount
|
1. Brain storming tentang
berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan” /pesan
pendek
2. Mendengarkan undangan
yang dibacakan oleh guru/teman
3. membaca nyaring teks
fungsioanl pendek tentang undangan/pesan pendek
4. menjawab pertanyaan
tentang isi teks fungsional pendek “undangan” /pesan pendek
5. Menyebutkan tujuan
komunikatif teks fungsional pendek “undangan” /pesan pendek
6. Menjwab pertanyaan
tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan” /pesan pendek
1. Tanya jawab berbagai
hal terkait tema/topik bacaan
2. Review kosakata dan
tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3. Membaca teks
descriptive/recount
4. Menjawab pertanyaan
tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menjawab pertanyaan
tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive / recount
6. Menyebutkan ciri-ciri
kebahasaan teks yang dibaca
7.
Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive / recount
|
·
Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional
pendek
·
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
fungsional pendek
·
Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek
1. Menjawab mau tau
pertanyaan tentang :
a.
Makna gagasan
b.
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
c.
Langkah retorika teks descriptive dan recount
d. Tujuan komunikatif teks
descriptive dan recount
e.
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
f.
Membaca nyaring
teks descriptive dan recount.
|
15.
Gemar Membaca
6. Kreatif
7. Mandiri
5. Kerja keras
9. Rasa Ingin Tahu
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Membaca nyaring
1. Melengkapi
2. Pilihan ganda
3. Uraian
PG
T / F
Membaca nyaring
|
Read the the text aloud and
clearly.
1. Complete the
test using correct
words
2. Choose the
correct answer
3. Answer the
following
questions based
on the text
1. Choose the best
option based on
the text.
2. State whether
the statements
are TRU or
FALSE.
3. Answer the questions
Read the text aloud.
|
6 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait
tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/tempat
4. Lingkungan sekitar
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP NEGERI
11 SEMARANG
Kelas : VIII (
Delapan )
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1. Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2.
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
|
1. Teks fungsional
pendek berupa :
· Undangan
· Pengumuman
· Pesan Singkat
2. Tata Bahasa
· Kalimat sederhana
- mengundang
- mengumumkan
- menyampaikan
pesan
3.Kosa kata
- Kata terkait tema
dan jenis teks
4.Tanda baca
5. Spelling
1. Teks rumpang
berbentuk
- descriptive
- recount
2. Tata bahasa
Kalimat sederhana
- Simpel present tense
- Simpel past tense
- past cont tense
3. Kosa kata
- kata terkait tema dan
jenis teks
- kata penghubung
and, then, after that,
before dsb
4. Tanda Baca, Spelling
|
1. Tanya jawab berbagai
hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
2. Penguatan kembali
kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
3. Menulis kalimat
sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks fungsional
pendek berdasarkan konteks
1. Review
ungkapan-ungkapan yang terkait jenis teks descriptive dan recount.
2. Menulis kalimat yang
berdasarkan yang terkait jenis teks descriptive dan recount gambar/realia.
3. Melengkapi rumpang
dalam teks descriptif dan recount dengan kata yang tepat.
4. Menyusun kalimat acak
menjadi teks descriptif dan recount yang terpadu.
5. Membuat draft teks
descriptive dan recount secara mandiri.
6. Mengekspos teks
descriptive dan recount yang ditulis di kelas.
|
1.
Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive
2.
Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam
bentuk descriptivedan recount.
3.
Menulis teks essai dalam bentuk
a. descriptive dan
recount .
|
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Melengkapi rumpang
Menyusun kata acak
Essay
1.
Completion
2.
Jumbled
sentences
3. Essay
|
1. Complete the following senten-ce / text using suitable
word / words
2. Arrange the word into good senten-ces.
3. Write simple sen-tences based on the situation given
4. Write an invita-tion/ an announ-cement / messa-ge based
on the situation given.
1. Complete the
paragraph using
the suitable
words.
2.Rearrange the
Following
sentences
correctly.
3.Write an essay
a. describing
something or a
certain place.
b. Telling what
you did last
Sunday
|
4 x 40
menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang
relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait
tema/topik
3. Benda-benda sekitar
|
Semarang, October 2012
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
Heti
Prastiyani, S.Pd Ridha
Purwanti
NIIP.
197410072008012005 NPM.
0942320
Tidak ada komentar:
Posting Komentar