SYLLABUS
Sekolah : SMP
N 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
1. Percakapan memuat
ungkapan-ungkapan berikut :
Contoh
· A : Are you sure ?
B: I am. It is confirmed
· A: Well... I am not sure
B: Don’t worry
2.Tata Bahasa
It is ........
( Adj + to inf )
I am
........
( certainly )
3.Kosa kata
Kata
terkait tema dan jenis text
4.Spelling, stress, intonation
5.Ungkapan baku
of course
certainly
I am not
sure
|
1. Tanya jawab
yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan
dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:
Kepastian:
·
of course
I
·
I certainly
Keraguan:
·
I don’t
know
·
I can’t
decide
2. Mendengarkan
percakapan yang berkaitan dengan materi
3. Mengidentifikasikan
gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4. Menjawab
percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
|
1. Merespon ungkapan
meminta dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan
mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
8. Demokratis
9. Rasa Ingin
Tahu
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Pertanyaan
- Pilihan ganda
-Melengkapi per cakapan
|
- Respond the teacher’s
statement!
T: “Are you sure?
S: “.......”
- Choose the
correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing
words based on the dialogue you hear
|
2x40
menit
|
1.
Bahan-bahan rekaman (cassette, CD , VCD )
a.Script percakapan
b.Buku teks yang relevan
|
|||
1.2
Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur
berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan
kekaguman
|
Percakapan memuat ungkapan berikut :
- I
beg your pardon?/Pardon?
- A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.
- A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the
beach ?
2. Tata Bahasa
more, less
What a ...!
3. Kosakata
Kata terkait tema dan jenis teks
4. Ungkapan
baku
- Pardon? |
1. Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.
2. Mengembangkan
kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.
3. Tanya jawab
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4. Mendengarkan
percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
5. Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan.
6. Merespon
ungkapan yang diucapkan guru.
|
1. Merespon ungkapan
meminta pengulangan
2. Merespon ungkapan
menunjukan perhatian
3. Merespon ungkapan
menyatakan kegaguman
|
9. Rasa Ingin Tahu
13.
Bersahabat
12. Menghargai Prestasi
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian singkat
Merespon Ungkapan Lisan
PG
|
Listen to the
dialoque and complete the sentences.
Listen to the
expression and give your response
Listen to the
expression and choose the right answer
|
2 x 40 menit
|
1.
Bahan-bahan rekaman (cassette, CD , VCD )
2.Script percakapan
Buku teks yang relevan
|
|||
SYLLABUS
Sekolah : SMP
NEGERI 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks
lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1
Merespon makna yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
1.Teks fungsional
/pendek
- Surat Pribadi
- Brosur
2. Tata Bahasa
- Simple past
- Future tense
- simple present
3. Kosakata
- kata terkait tema dan
jenis teks
4. Ungkapan baku
- What a pitty !
- Getting well soon
|
1. Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas
dengan bantuan contoh / model.
2. Membahas
tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait
tema / topik tertentu.
3. Mendengarkan
teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
4. Menjawab
pertanyaan tentang isi teks
|
1.Mengidentifikasi
makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, surat pribadi dan brosur
2.Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, - surat pribadi
- brosur
|
|
Tes Tulis
Tes tulis
|
Isian singkat
Pilihan ganda
|
Listen to the text and complete the sentences.
Listen to the text
and choose the correct answer
|
4x40 menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD ,
VCD )
2. Teks-teks otentik berbentuk prosedur (misal,
resep-resep masakan, manual)
3. Buku teks yang relevan
|
2.2.
Merespon makna yang terdapat dalam
monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
1. Teks monolog
berbentuk procedure
dan report.
2. Ciri
kebahasaan teks
monolog
berbentuk
- Procedure
- Report
3. Tata Bahasa
- Present
Simple
- Present
Continuous
Imperatives
4. Kosa kata
- Kata
terkait tema
dan jenis
teks’
5. Ungkapan baku
- pass
me.... Please
|
1
Tanya jawab yang berkaitan dengan tema
tertentu, misalnya photography
2
Membahas langkah-langkah retorika berbentuk
procedure/report dengan
3
menggunakan ungkapan-ungkapan giving and
demanding service
4
Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk
procedure/report
5
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan
teks monolog procedure/report yang
didengarkan
|
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks
monologpendek
berbentuk
procedure/report
2. Mengidentifikasi
langkah
retorika
dalam teks
monolog berbentuk
procedure/report
3. Mengidentifikasi
tujuan komunikatif
teks monolog
berbentuk
procedure/report
|
6
Kreatif
7. Mandiri.
6. Kreatif
7. Mandiri.
6. Kreatif
7. Mandiri
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Unjuk kerja
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat rumpang
|
- Demonstrate how to operate a digital
camera!
The teacher will read the instruction for you
- Choose the correct answer.
Listen carefully!
- Complete the sentences! Based on the text you hear
|
4x40 menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD ,
VCD )
2. Teks monolog berbentuk prosedur
3. Teks-teks otentik berbentuk prosedur (misal,
resep-resep masakan, manual)
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP
NEGERI 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
3.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
1. Percakapan singkat memuat ungkapan- ungkapan:
- A. Are
you sure ?
B. .I am. It is
confirmed.
- A. Well... I am not
sure.
B.Don’t worry.
2. Tata Bahasa
- It is ...
(adj + to inf)
- I am ......
( Certainly)
3. Kosakata
-
kata terkait tema
dan jenis teks
4. Spelling, stress,
intonation
5. Ungkapan baku
-
Believe me !
-
Unbelievable !
|
1.Tanya
jawab
menggali kosakata
terkait topik/tema
yang dipelajari
2.Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi
3.Mendengarkan
percakapan yang
menggunakan
ungkapan yang telah
dipelajari
4.Menjawab pertanyaan
tentang isi percakapan
5.
Melakukan
percakapan
berdasarkan situasi
yang diberikan
|
1. Bertanya dan
menjawab tentang
meminta dan
memberi kepastian
2. Bertanya dan
menjawab tentang
mengungkapkan
dan menanggapi
keraguan
|
13. Bersahabat / Komunikatif
13. Bersahabat / Komunikatif
|
Tes lisan
|
Performance
|
Create a dialogue based on the given
situation and perform it in front of the class!
|
4 x 40 menit
|
1. Buku text yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar
|
3.2 Mengungkap-kan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan
menyatakan kekaguman
|
1.
Percakapan singkat
memuat ungkapan
berikut :
- I
beg your pardon?
/Pardon?
- A. I’ve got good news!
B. Tell me more about
It!
- A. What a beautiful
day!
B. It is. Shall we go to the beach ?
2. Tata
Bahasa
- More, less.....
- what a..... !
3. Kosa
kata
Kata
terkait tema dan jenis teks
4. Ungkapan
baku
- pardon?
|
1.
Tanya jawab menggali kosa kata terkait
topik / tema yang dipelajari.
2.
Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait
materi.
3.
Mendengarkan percakapan menggunakan
ungkapan terkait.
4.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.
Bermain peran melakukan percakapan.
|
1. Bertanya dan menjawab
tentang meminta pengulangan
2. Bertanya dan menjawab
tentang menunjukan perhatian
3. Bertanya dan menjawab
tentang menyatakan kekaguman
|
13. Bersahabat / Komunikatif
13. Bersahabat / Komunikatif
13. Bersahabat / Komunikatif
|
Unjuk kerja
|
Uji petik berbicara
Bermain peran
|
Create a dialogue based on the role cards
and perform it in front of the class!
|
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP
N 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
4.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1.Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1. Teks
fungsional /
pendek
- Surat Pribadi
- Brosur
2. Ciri kebahasaan teks fungsional / pendek
- Surat pribadi
- Brosur
3. Tata Bahasa
- Simple
Past
- Future
Tense
- Simple
Present
4. Kosa kata
Kata terkait tema dan jenis teks
5. Ungkapan baku
- What a pity
?
- Get well soon |
1. Tanya jawab tentang berbagai hal
terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.
2.Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks.
3.Membuat draft jenis teks
fungsional :
- Surat Pribadi
- Brosur
|
1. Menjawab
secara lisan berbagai pertanyaan tentang isi teks yang didengar
2. Menyampaikan secara lisan berbagai
informasi yang terdapat dalam
a. Surat pribadi b. brosur |
5. Kerja
Keras
13. Bersahabat / komunikasi
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Performance
Performance
|
1.
Retell the
letter to your friend
2.
Tell your
friend what the brosure about
|
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media
|
4.2.
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
1. Teks monolog
berbentuk procedure
dan report.
2. Ciri kebahasaan
teks monolog
- Procedure
- Report
3. Tata Bahasa
- Simple
Present
- Present Continuous
-
Imperratives
4. Kosa kata
- Kata terkait tema dan jenis teks
5. Ungkapan Baku
- Pass me...
Please !
- Let me show
you
|
1. Tanya jawab tentang salah satu alat multi
media (HP, computer, Tv, radio)
2. Membuat kalimat perintah/pernyataan
berdasarkan gambar kegiatan. Misal:
- Press the
menu button
- Sellect the number
of
contact
3. Tanya
jawab tentang cara mengoperasikan- nya (how
to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit
tertentu
- Can you show
me.....
- Sure/ I’m not sure
- Let me show you.
First..., then..., finally.
4. Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan
gambar/urutan kegiatan
|
·
Melakukan monolog pendek dalam bentuk
2. Procedure/report
|
6. Kreatif
|
Unjuk kerja
|
Uji petik berbicara
|
1. Please tell us
how to send
sms using your
HP (alternative
lain boleh dipilih)
2. Observe a
certain kind of
things you like
best and report it
to the class
|
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP
NEGERI 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter Siswa Yang
Diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk procedure dan report
|
1.
Teks
monolog procedure/report
-Makna gagasan
teks procedure
-Informasi factual
-Informasi
rinci
-Informasi tersirat
dalam
teks
procedure dan
report
2. Tujuan
komunikatif teks procedure dan report.
3. Langkah
retorika
- teks procedure
(purpose
material-steps)
- teks
report
(identification- description)
4.
Spelling,
stress,
intonation
|
·
Tanya jawab tentang berbagai hal yang
terkait tema/topik yang dipilih
·
Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait
tema terkait topik / jenis teks prosedur
·
Tanya jawab tentang cara
mengerjakan/membuat sesuatu
·
Membaca teks prosedur
·
Menjawab pertanyaan tentang berbagai
informasi dalam teks prosedur
·
Tujuan
komunikatif
·
Bahan yang diperlukan
·
Cara melakukan.membuat sesuatu
·
Langkah retorika teks procedure/report
·
Ciri kebahasaan teks prosedur
·
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
yang tepat
|
1.Mengidentifikasi
makna gagasan
dalam teks berbentuk
procedure dan report
2.Mengidentifikasi
berbagai informasi
yang terdapat dalam
teks berbentuk
procedure dan report
3.Mengidentifikasi
tujuan komunikatif
teks berbentuk
procedure/report
4.Mengidentifikasi
langkah retorika
dalam teks berbentuk
procedure/report
5.Membaca nyaring
teks berbentuk
procedure/report
|
7.
Mandiri
6.
Kreatif
6.
Kreatif
15. Gemar Membaca
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Pertanyaan
Bacaan
Membaca nyaring
|
Answer the
following questions based on the text
Read the text aloud
|
4x40 menit
|
1. Buku teks
yang relevan
2. Buku resep bahasa
Inggris
3. Gambar-gambar
tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4. Gambar
terkait tema
5. Realia
6. CD
7. CD player
8. TV
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.2.Merespon makna
yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3. Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima
|
1.Makna gagasan dan tekstual dalm
teks fungsional
- Surat pribadi
- Brosur
2.Ciri kebahasaan teks fungsional
- Surat pribadi
- iklan
3. Spelling,
Stress,
intonation
|
1. Tanya jawab
tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca.
2. Membahas
kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan dibaca.
3. Membaca
teks fungsional pendek
4. Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
5. Menyebutkan
jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.
6. Menyebutkan
ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.
7. Membaca
nyaring
|
1.Mengidentifikasi makna yang terdapat teks
fungsional pendek;
- Surat Pribadi
-
Brosur
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
fungsional pendek, - Surat Pribadi
-
Brosur
·
Membaca nyaring
·
Mengidentifikasi informasi yang berhubungan dengan
bacaan tentang prosedur
·
Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
·
Membuat ringkasan
|
|
Tes Tulis
Tes lisan
Tes lisan
|
1.
Pilihan ganda
2.
Isian singkat
·
Membaca nyaring
|
1. Choose the best
option, a, b, c or
d based on the
text.
2. Complete the
sentences based
on the text.
Read the text
aloud
|
4 x 40 menit
|
1. Buku teks
yang relevan.
2. Contoh teks
fungsional :
1.
iklan.
2.
pengumuman.
3.
pesan singkat
3. Gambar yang
relevan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|
SYLLABUS
Sekolah : SMP
N 11 SEMARANG
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.Kalimat sederhana
2.Teks fungsional
pendek :
- urat pribadi
- brosur
3. Langkah retorika
- surat
pribadi
- brosur
4. Tanda baca, spelling
|
1.
Tanya jawab
berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan
dibahas.
2. Mengamati contoh- contoh
teks fungsional pendek terkait
materi.
a. Menyebutkan
ciri-ciri, tujuan komunikatif dari
teks.
b.Menulis kalimat
pendek dan sederhana
menggunakan unsur
bahasa yang
diperlukan.
c.Menulis teks
fungsional pendek
berdasarkan konteks.
|
1. Menulis kalimat pendek
dan sederhana
2. Menulis teks fungsional
pendek dan sederhana
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Write
simple sentences based on the picture given.
2.
Write a
letter based on the situation
3.
Write a
letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.
4.
Write a
simple brochure attracting people to a certain place
|
4 x 40 menit
|
1. Buku teks
yang relevan
2. Buku resep
bahasa Inggris
3. Gambar-gambar
tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4. Gambar
terkait tema
5. Realia
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
|||
6.2 Mengungkap-kan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan
report
|
1.kalimat acak dari teks procedure/report
2.teks monolog pendek berbentuk procedure/report
3. Tata Bahasa
- Simple Present
- Present Continuous - Imperatives
4. Kosa kata
- kata terkait tema
dan jenis teks
5. Spelling, Tanda
baca
|
1.
Review berbagai
hal tentang teks procedure / report
- Tujuan
komunikatif
- Langkah
retorika
- Ciri
kebahasaan
2.
Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait
topik/jenis teks procedure
3. Menyusun
kalimat acak berdasarkan urutan gambar
4. Menulis
teks procedure / report berdasarkan
perintah yang diberikan
|
1. Menyusun kalimat acak
menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
2.
Menulis essay berbentuk
procedure / report
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Menyusun kalimat
Uraian
|
Rearrange the
following jumbled sentences in a good order.
Write a procedure
text telling how to operate a computer
3. Write a report
on
a certain kind of
thing or place
around you.
|
6 x 40 menit
|
1Buku teks yang
relevan
2.Buku resep
bahasa Inggris
3.Gambar-gambar
tentang
cara-cara
4.Gambar terkait
tema
5.Realia
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
Semarang, October 2012
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
Heti
prastiyani, S.Pd Ridha
Purwanti
NI.
197410072008012005 NPM.
09420320
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP N 11 Semarang
ENDANG SARWOSRI, S.Pd, M.Pd
NIP.
195303151980032002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar